Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 28 September 2012

TIPS MEMBACA TENDANGAN PINALTI


Pada dasarnya saya mengelompokkan penendang pinalti menjadi 2 yaitu Placer dan Boomer.
Placer merupakan penendang yang memiliki teknik dalam placing atau penempatan bola yang di baik. Karena bola jika berada di kaki mereka seolah-oleh bisa ke arah mana saja. Biasanya menggunakan kaki bagian dalam
Boomer merupakan penendang yang memiliki satu teknik yaitu menendang bola dengan sekuat tenaga. Biasanya menggunakan tajong/concong/ ujung dari kaki dimana efek bolanya menjadi sulit ditebak arahnya.
Kita lupakan kedua hal di atas, karena ketika kita sudah bisa menguasai hal yang penting dalam pinalti yang akan saya coba berikan berdasarkan pengalaman dan berbagai sumber yang saya dapatkan, maka kita memiliki persentase mengagalkan tendangan penalti lebih besar.Berikut merupakan beberapa tips dalam membaca arah tendangan penalti disaat detik-detik sebelum penendang melakukan eksekusi.
  • Lihatlah lirikan dari sang penendang. Sebelum melakukan tendangan setiap penendang akan melirik atau melihat ke arah kemana dia akan melakukan tendangan. ( jika penendang matanya sipit susah loh icon biggrin Tips Membaca Arah Tendangan Penalti )
  • Perhatikan posisi berdiri dari penendang, ketika penendang berdiri berada serong di sebelah kanan dari bola maka kemungkinan dia akan menendang ke arah tengah atau kiri dari kita (gambar 1), jika dia berdiri di sebelah kiri dari bola maka kemungkinan terbesar dia akan menendang ke arah tengah atau kanan kita (gambar 2), namun yang sulit adalah jika dia berdiri dengan arah sudut lurus terhadap bola sulit untuk menebak arah tendangannya karena biasanya penendang dengan ancang-ancang seperti ini adalah boomer dan relatif menggunakan concong/tajong/ujung depan kaki
    • Biasanya penendang futsal memilih tendangan yang tidak terlalu tinggi, mengincar di sekitar dada ke bawah atau datar (ini berdasarkan pengalaman saya), karena jika dia mengincar titik yang tinggi kemungkinan untuk gagal lebih tinggi.
    • Perhatikan ayunan tangan penendang, saya kemarin memperhatikan beberapa cara menendang pemain futsal, dan ketika ayunan lengannya tinggi arah tendangan atau area yang di tuju berkebalikan pada poin kedua di atas. Misalnya jika posisinya seperti gambar 1 dan ayunan lengannya tinggi maka bola akan menuju ke arah kanan gawang kita. Saya mensurvey dari 9 kali kapten Team5Brotherhood menendang dengan posisi gambar 1, 6 x tendangan mengarah seperti yang saya jabarkan, 1 x ke arah kiri atas dari gawang, dan sisanya mengarah ke kiri tapi gagal masuk alias melebar. (vision sebagai seorang penjaga gawang)
    • Perbanyak melihat dan mempelajari penalti, baik dari video atau ketika ada turnament yang pada akhirnya terjadi penalti atau adu penalti. Coba cari di YouTube video Luis Amando vs Zidane liat bagaimana pemain kelas dunia menendang dan bagaimana kiper kelas wahid memposisikan tubuhnya.
    • Berlatih dan teruslah berlatih, setidaknya minta bantuan kawan/teammates untuk membantu latihan penalti agar anda menjadi lebih terbiasa dan mempraktekan apa yang sudah saya jabarkan di atas icon biggrin Tips Membaca Arah Tendangan Penalti .
     

0 komentar:

Posting Komentar